Kamis, 04 Januari 2018

Tugas Mandiri II
ANALISIS PERBEDAAN ANTARA KURIKULUM KTSP DAN KURIKULUM 2013
(Lukmanul Hakim, 2017)
PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KKNI
(Imroatus Solikhah,2016)

 







     Disusun Sebagai Salah Satu Tegas Terstruktur yang Diwajibkan
Dalam Mengikuti Perkuliahan Kurikulum dan Pembelajaran


Oleh,

ALMA ALQARANA LUBIS/ 1602050081



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
TAHUN 2017


KATA PENGANTAR


     Segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan Rahmat dan karunia-Nya dan memberikan kesempatan kepada saya untuk dapat menyelesaikan sebuah tugas review jurnal kurikulum dan pembelajaran. Tugas ini disusun dalam rangka melengkapi tugas Kurikulum dan Pembelajaran. Tidak lupa juga saya ucapkan kepada yang terhormat dosen manajemen pendidikan yaitu Bapak Muhammad Arifin, S.Pd, M.Pd yang telah membimbing saya sehingga tugas ini dapat terselesaikan.
     Tugas ini berisi tentang review jurnal kurikulum dan pembelajaran menurut berbagai sumber yang dirangkum penulis sebagai tambahan ilmu bagi pembaca. Tugas ini disusun oleh saya dengan berbagai rintangan baik dari dalam maupun dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya tugas ini dapat terselesaikan.
     Semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi semua yang membaca tulisan saya ini, dan mudah-mudahan juga dapat memberikan wawasan yang lebih jelas kepada pembaca. Saya menyadari bahwa penulisan tugas ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna sempurnya tugas ini.
             
               Medan,   Desember  2017

                                                                                                                                        ALMA ALQARANA LUBIS                                 
                                                                                          1602050081








DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ........................................................        i
DAFTAR ISI ......................................................................        ii
BAB I PENDAHULUAN
a.       Manfaat critical jurnal review ........................................        1
b.      Tujuan penulisan critical jurnal review ..........................        1
c.       Identitas jurnal yang direview .......................................        1
BAB II RINGKASAN ISI ARTIKEL
A.    Pendahuluan ..................................................................        2
B.     Deskripsi isi ...................................................................        2
BAB III PEMBAHASAN
A.    Pembahasan isi jurnal ....................................................        5
B.     Kelebihan dan Kekurangan Jurnal ................................        7
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan ....................................................................        9
B.     Rekomendasi untuk perbaikan jurnal ............................        9
DAFTAR PUSTAKA .........................................................        10

















BAB I
PENDAHULUAN

a.       Manfaat jurnal
Adapun manfaat dari jurnal review adalah
-          Memperjelas isi jurnal
-          Memudahkan dalam memahami isi jurnal
-          Memperkecil kapasitas jurnal

b.      Tujuan review jurnal
Adapun tujuan dari riview jurnal adalah
-          Agar informasi jurnal dapat dipahami dengan baik
-          Mempercepat mendapatkan informasi dari isi jurnal
-          Memperluas wawasan dengan menganalisis jurnal

c.       Identitas jurnal
Jurnal 1
1.      Judul            : Analisis perbedaan antara kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013
2.      Nama Jurnal : Jurnal ilmiah DIDAKTIKA
3.      Edisi Terbit  : Februari 2017
4.      Penulis Artikel: Lukmanul Hakim
5.      Penerbit        : Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA
6.      Nomor ISSN     : 1411-612X
7.      Alamat link        :

Jurnal 2
1.      Judul            : Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Bahasa Inggris Berbasis KKNI
2.      Nama Jurnal :Konstruktivisme
3.      Edisi Terbit  : Januari 2016
4.      Penulis Artikel: Imroatus Solikhah
5.      Penerbit        : FKIP Univerisitas Islam Blitar
6.      Nomor ISSN     : 2445-2355
7.      Alamat Link :








BAB II
RINGKASAN ISI ARTIKEL

A.    Pendahuluan

     Salah satu komponen yang paling penting dalam dunia pendidikan adalah kurikulum. kurikulum memiliki posisi strategis karena secara umum kurikulum merupakan deskripsi dari visi,mis, dan tujuan pendidikan sebuah bangsa. Arah dan tujuan kurikulum pendidikan akan mengalami pergeseran dan perubahan seiring dengan dinamika perubahan sosial yang disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Kurikulum di Indonesia terus berubah hingga sekarang kementrian pendidikan nasional telah menetapkan bahwa kurikulum Indonesia KTSP 2006 telah berubah menjadi kurikulum 2013. Walaupun dengan banyak kritikan namun kurikulum 2013 harus tetap dijalankan. Begitu juga dengan perguruan tinggi. Setiap universitas di Indonesia harus mengubah kurikulum lama menjadi KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Semuanya bertujuan untuk mengembangkan kualitas pendidikan di negeri ini.

B.     Deskripsi Isi
Kurikulum sebagai komponen penting dalam dunia pendidikan. Sekarang kementrian pendidikan telah merubah kurikulum di Indonesia dari KTSP 2006 menjadi kurikulum 2013. Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis karakter yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa melalui kegiatan belajar. pengembangan kurikulum haruslah mengikuti perkembangan dan perubahan zaman. Ini terbukti bahwa di banyak hal prestasi peserta didik di dalam akademik dan intelektualitas sangat menggembirakan dengan adanya pengembangan kurikulum sesuai dengan perubahan zaman.
Jurnal pertama berisikan tentang perbandingan antara kurikulum KTSP 2006 dan kurikulum 2013. Banyak terjadi perubahan yang sangat berbeda dari biasanya. Dimulai dari perubahan kompetensi kelulusan dimana terjadinya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills. Kemudian perubahan pada kedudukan mata pelajaran yang semula kompetensi diturunkan dari mata pelajaran berubah menjadi mata pelajaran yang dikembangkan melalui kompetensi, pendekatan(isi), struktur kurikulum (mata pelajaran dan alokasi waktu) isi, proses pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan ekstra kulikuler.
Jurnal pertama juga menjelaskan tentang perubahan implementasi untuk semua mata pelajaran KTSP 2006 dan kurikulum 2013, strategi pembelajaran menurut KTSP 2006 dan kurikulum 2013, kurikulum 2013 memiliki empat aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap, dan perilaku.
Pada jurnal kedua membahas tentang pengembangan model kurikulum pendidikan bahasa Inggris berbasis KKNI dimana sebelumnya pada perguruan tinggi menggunakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) diubah menjadi kurikulum kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI). Penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengembangkan model kurikulum pendidikan bahasa Inggris dalam konteks KKNI dengan metode kualitatif dengan mengumpulkan data dari dokumen, wawancara, diskusi dan workshop.
KKNI sendiri telah disahkan berdasarkan Perpres No.8 Tahun 2012. KKNI adalah suatu rujukan nasional untuk meningkatkan mutu dan daya saing bangsa Indonesia di sektor SDM melalui capaian kualifikasi SDM yang dihasilkan oleh sistem pendidikan, sistem pelatihan kerja nasional, dan sistem penilaian kesetaraan pembelajaran.
Adapun tujuan yang lainnya dalam pembuatan artikel atau jurnal ini ialah  untuk menerapkan KKNI dalam pengembangan kurikulum prodi pendidikan bahasa Inggris jenjang sarjana dengan rumusan learning outcomes, pemilihan kelompok mata kuliah, dan pengembangan kurikulum dalam satu jenjang. 
Penelitian ini menggunakan rancangan analisis isi dan pendekatan kualitatif untuk analisis data. Data penelitian meliputi kurikulum bahasa Inggris beberapa perguruan tinggi, yaitu : Universitas negeri Malang, UNS, UNY, Universitas Mulawarman, IAIN Surakarta, IAIN Samarinda, Universitas veteran bangun nusantara, Universitas slamet riyadi Surakarta. Peneliti juga menggunakan metode wawancara kepada ketua prodi dan dosen di masing-masing perguruan tinggi baik secara langsung maupun secara email.





























BAB III
PEMBAHASAN

A.    Pembahasan isi buku
A.1. Pembahasan isi jurnal
Menurut jurnal pertama yang direview, pengembangan kurikulum di sekolah saat ini merujuk kepada kurikulum berbasis karakter 2013. salah satu unsur sumber daya pendidikan, perlu adanya kurikulum yang berbasis pada kompetensi sebagai suatu instrumen mengarahkan peserta didika menjadi:
1.      Manusia yang berkualitas yang mampu proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah
2.      Manusia yang terdidik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulis,sehat, berilumu, cakap,kreatif, mandiri, dan
3.      Warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
Hal inilah yang melatarbelakangi lahirnya kurikulum berbasis karakter 2013. Kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan kurikulum sebelumnya yang dirancang berdasarkan landasan yuridis, filosofis, teoritis dan empiris.
Sedangkan menurut jurnal kedua yang direview, pengembangan kurikulum perguruan tinggi saat ini merujuk kepada KKNI(Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) yang disahkan berdasarkan Pepres No.8 Tahun 2012. Dimana KKNI adalah pengembangan kurikulum dari yang sebelumnya yaitu kurikulum berbasis kompetensi. Aspek kunci agenda KKNI ialah keterkaitan antara institusi yang memberi layanan pendidikan dan pelatihan dan kualifikasi yang diperoleh bersifat mutlak.




       A.2. Pembahasan tentang rancangan dan rumusan kurikulum
Pada jurnal pertama yang direview, landasan rancangan kurikulum 2013 berdasarkan pada :
1.      Landasan Yuridis
Landasan yuridis kurikulum adalah Pancasila dan UUD 1945. UU No.20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
2.      Landasan Filosofis
Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa (UU RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional).
3.      Landasan Teoritis
Kurikulum dikembangkan atas dasar teori pendidikan berdasarkan standar dan teori pendidikan berbasis kompetensi.
4.      Landasan Empiris
Kurikulum merupakan proses totalitas pengalaman peserta didik di satu satuan jenjang pendidikan untuk menguasai konten pendidikan yang dirancang dalam rencana.
Sedangkan pada jurnal kedua yang direview, Rumusan kurikulum KKNI dimulai dari learning outcomes prosdi dan learning outcomes mata kuliah dan pengembangan kurikulum pada satu jenjang.


A.3. Pembahasan tentang strategi pembelajaran
                     Menurut jurnal pertama yang di review, strategi pembelajaran yang digunakan kurikulum 2013 khususnya pada pelajaran bahasa Inggris  yaitu :
1. Materi yang diajarkan ditekankan pada kompetensi berbahasa sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan gagasan dan pengetahuan.
2. Siswa dibiasakan membaca dan memahami makna teks serta meringkas dan menyajikan ulang dengan bahasa sendiri.
3. Siswa dibiasakan menyusun teks yang sesuai sehingga sistematis, logis, dan efektif melalui latihan-latihan penyusunan teks.
4. Siswa dikenalkan dengan aturan-aturan teks yang sesuai sehingga tidak rancu dalam proses penyusunan teks (sesuai dengan situasi dan kondisi: apa, siapa, dimana).
5. Siswa dibiasakan untuk dapat mengekspresikan dirinya dan pengetahuannya dengan bahasa yang menyakinkan secara spontan.
Sedangkan pada jurnal kedua yang direview, strategi pembelajaran yang digunakan yaitu :
1.    Mampu mempublikasikan hasil tugas akhir atau karya/desain/seni/model yang dapat diakses oleh masyarakat akademik.
2.    Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja institusi atau organisasi dengan mengutamakan keselematan dan keamanan kerja.
3.    Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya.
4.    Mampu mengelola pembelajaran diri sendiri.
5.    Mampu mengkomunikasikan informasi dan ide melalui berbagai media kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahliannya.
6.    Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja.

B.     Kelebihan dan kekurangan jurnal
B.1. Dilihat dari aspek isi
Kelebihan jurnal pertama adalah isinya yang lengkap dengan penjelasan terperinci tentang kurikulum KTSP 2006 dan kurikulum 2013. Penulis juga membuat perbedaan antara kurikulum KTSP dan kurikulum 2013.
Kelebihan jurnal pertama adalah isinya yang jelas dengan penjelasan yang terperinci mengenai pengembangan model kurikulum KKNI. Jurnal ini juga menyediakan beberapa tabel hasil perencanaan untuk metode pembelajaran KKNI.
  B.2. Dilihat dari aspek tata bahasa
               Dari aspek tata bahasa, kedua jurnal menggunkan bahasa yang baik dan benar menurut kamus besar bahasa Indonesia. Bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh semua pembaca.



























BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Berdasarkan uraian diatas dapat diapahami bahwa kurikulum sangat diperlukan dalam dunia pendidikan. Kurikulum terus berubah dan berkembang mengikuti perkembangan zaman. Kementrian pendidikan telah menetapkan kurikulum berbasis karakter 2013 di sekolah dan kurikulum kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI). Metode pembelajaran juga sudah berubah mengikuti perubahan kurikulum. Hal ini dapat memicu perubahan cara belajar siswa dan mahasiswa dan dapat meningkatkan kemauan belajar siswa karena kurikulum yang diterapkan sekarang bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang lebih aktif. Kedua jurnal sangat berhubungan karena sama-sama meneliti perkembangan kurikulum dan pembelajaran di Indonesia.

B.     Rekomendasi untuk perbaikan jurnal
Untuk jurnal kedua penulis menyarankan untuk lebih dijelaskan lagi strategi yang paling efektif dalam menjalankan kurikulum KKNI.













DAFTAR PUSTAKA



Hakim, L. (2017). analisis perbedaan antara kurikulum KTSP dan kurikulum 2013. Didaktika, 13.
solikhah, i. (2016). pengembangan model kurikulum pendidikan bahasa inggris berbasis KKNI. konstruktivisme, 17.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Essay 3P3T

Tugas Terstruktur  (metode pembelajaran)   Dis...